Sabtu, 09 April 2011

Agensi Intelijen terbaik didunia

Agensi Intelijen terbaik didunia



1.    Mossad – Israel

  

Dibentuk: 13 Desember 1949 sebagai Lembaga Pusat Koordinasi
Karyawan 1.200 (est)
Badan eksekutif: Meir Dagan, Direktur
Induk lembaga: Kantor Perdana Menteri


Mossad bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Ini adalah salah satu perusahaan yang utama dalam Komunitas Intelijen Israel, bersama dengan Aman (intelijen militer) dan Shin Bet (keamanan internal), tetapi direktur yang melapor langsung kepada Perdana Menteri. Daftar keberhasilan adalah panjang. Badan intelijen Israel yang paling terkenal karena diambil dari sejumlah koperasi PLO sebagai pembalasan atas serangan yang menewaskan sebelas atlet Israel pada Olimpiade 1972 di Munich. 
Namun, lembaga ini telah sukses lain dengan namanya, termasuk akuisisi MiG-21 sebelum perang Enam Hari tahun 1967 dan pencurian rencana untuk Mirage 5 setelah kesepakatan dengan Prancis pergi asam.

2.  CIA - Amerika Serikat


      
 

Dibentuk: September 18, 1947
20.000 Karyawan
Badan eksekutif: Leon Panetta, Direktur
Induk agen: Central Intelligence Group



CIA adalah yang terbesar dari badan-badan intelijen dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari negara-negara lain yang dapat mempengaruhi kebijakan AS. Ini adalah badan intelijen sipil dari pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk menyediakan intelijen keamanan nasional untuk senior pembuat kebijakan Amerika Serikat. CIA juga terlibat dalam kegiatan rahasia atas permintaan Presiden Amerika Serikat. 
Fungsi utama CIA adalah untuk mengumpulkan informasi tentang pemerintah asing, perusahaan, dan individu, dan memberi nasihat kepada pembuat kebijakan publik. Badan ini melakukan operasi-operasi rahasia dan tindakan paramiliter, dan memiliki pengaruh politik asing melalui Divisi Kegiatan Khusus nya.

      

       3.  
MI-6 –Inggris



  

Dibentuk: 1909 sebagai Biro Secret Service
Yurisdiksi: Pemerintah Inggris
Markas Besar: London Vauxhall Cross,
Menteri Penanggung Jawab: YTH Rt Hon. William Hague MP, Menteri Luar Negeri
Badan eksekutif: Sir John Sawers KCMG, Direktur Jenderal
Induk agen: Foreign and Commonwealth Office



Inggris memiliki persepsi publik panjang dari badan intelijen yang efektif (karena keberhasilan, realistis namun menghibur, film James Bond). Persepsi ini cocok dengan kenyataan. MI6, Inggris setara CIA, telah memiliki dua keuntungan besar dalam tetap efektif: Rahasia Resmi Inggris Act dan pemberitahuan D sering dapat mencegah kebocoran (yang telah menjadi kutukan keberadaan CIA). Beberapa cerita telah muncul.

4.  BND-Jerman


      

  

Dibentuk: 1 April 1956
6.050 Karyawan
Badan eksekutif: Gehlen Organisasi
Induk agen: Central Intelligence Group



      
The Bundesnachrichtendienst adalah badan intelijen asing dari pemerintah Jerman, di bawah kendali Kantor Kanselir. BND bertindak sebagai sistem peringatan dini untuk memperingatkan pemerintah Jerman untuk ancaman terhadap kepentingan Jerman dari luar negeri. 


      Hal ini sangat tergantung pada pengawasan penyadapan dan elektronik komunikasi internasional. Ini mengumpulkan dan mengevaluasi informasi tentang berbagai bidang seperti terorisme internasional, proliferasi WMD dan transfer ilegal teknologi, kejahatan terorganisir, senjata dan perdagangan narkoba, pencucian uang, migrasi ilegal dan perang informasi. 
Seperti intelijen hanya luar negeri Jerman, berkumpul BND baik intelijen militer dan sipil.


       5. ASIS-AUSTRALIA



  


       



Di  bentuk: 13 Mei 1952
Markas: Canberra, Australian Capital Territory, Australia
Anggaran tahunan: $ 162.5m AUD (2007)
Menteri yang bertanggung jawab: YTH. Stephen Smith MP, Menteri Luar Negeri
Badan eksekutif: Nick Warner, Direktur Jenderal



Australia Secret Intelligence Service adalah badan intelijen pemerintah Australia yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan intelijen asing, yang melakukan kegiatan kontra intelijen dan kerjasama dengan badan-badan intelijen lain di luar negeri. 
Selama lebih dari dua puluh tahun, keberadaan lembaga itu rahasia bahkan dari pemerintah sendiri. Tanggung jawab utamanya adalah pengumpulan intelijen dari kepentingan terutama Asia dan Pasifik menggunakan agen yang ditempatkan di berbagai daerah. 
Tujuan utamanya, sebagaimana dengan lembaga-lembaga yang paling, adalah untuk melindungi kepentingan negara politik dan ekonomi sambil menjamin keamanan bagi rakyat Australia terhadap ancaman nasional.
      

      6.  ISI – Pakistan

  

       
Dibentuk: 1948

      Yurisdiksi: Pemerintah Pakistan
Markas: Islamabad, Pakistan
Badan eksekutif: Letnan Jenderal Ahmad Shuja Pasha, PA Direktur Jenderal


Inter-Services Intelligence adalah badan intelijen terbesar dan terkuat di Pakistan. ISI juga merupakan salah satu dari 3 cabang utama biro intelijen Pakistan.
Setelah penampilan yang buruk pada saat Perang Pakistan-India 1947, kebutuhan atas badan intelijen yang terpisah mulai dirasakan. Inter-Services Intelligence dibuat sebagai pasukan indenpenden tahun 1948 dari Intelligence Bureau (IB), yang menangani pembagian intelijen di antara cabang yang berbeda dari militer seperti perkumpulan eksternal intelijen. 
Markasnya terletak di Rawalpindi namun akhirnya dipindah ke Ibukota Pakistan yang baru, Islamabad. Direktur dari badan ini adalah Lieutenant Jendral Ashfaq Pervez Kiani.

     Sumber:  
http://www.smashinglists.com/10-best...-in-the-world/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar