Sabtu, 09 April 2011

Usaha-Usaha Penanggulangan Terhadap Sambaran Petir


Usaha Penanggulangan Terhadap Sambaran Petir Langsung

Diantara tegangan lebih akibat petir, sambaran langsung pada ril suatu GI atau pada saluran transmisi dekat kepada GI merupakan merupakan bahaya yang besar terhadap isolasi GI itu. Lagi pula untuk mengamankan GI sepenuhnya dengan arrester sangat sulit. Boleh jadi sambaran langsung itu memang sangat kecil, tetapi bila terjadi, kerusakan yang ditimbulkannya sangat besar. Oleh karena itu, gardu-gardu yang penting dan saluran-saluran di dekatnya harus diamankan terhadap sambaran langsung dengan mengadakan poerlindungan yang cukup dengan kawat-tanah dan tahanan pengetanahan yang rendah.
Usaha Penanggulangan Terhadap Gelombang Petir Yang Datang Dari Saluran

Penanggulangan terhadap gelombang petir yang memasuki GI dari saluran transmisi dilakukan dengan mengamankan peralatan terhadap tegangan lebih dengan arrester dan memberikan peralatan itu kekuatan isolasi terhadap tegangan impuls, yang lebih besar dari tingkatan pengamanan arrester.
Antara lain usaha penanggulangan tersebut :

a.Peralatan yang sama tegangan kerjanya dalam suatu GI harus mempunyai harga BIL yang sama, meskipun macam dan tempatnya berbeda. Menurut cara koordinasi isolasi tradisionil, sering diberikan tingkatan isolasi lebih tinggi pada suatu peralatan, misalnya pemutus beban yang terletak antara bagian sistim yang mempunyai tingkatan isolasi berbeda dengan maksud untuk mengamankan peralatan tersebut. Tetapi sekarang karakteristik arrester berhasil diperbaiki dengan memasang arrester pada tempat yang tepat sehingga tegangan lebih dalam GI dapat ditekan di bawah harga tertentu. Oleh sebab itu, sekarang mungkin dipakai kekuatan isolasi yang sama untuk setiap peralatan. Untuk isolator keramik dan bushing yang dipasang diluar, diperlukan pengujian tegangan yang berbeda karena pengotoran udara dan keadaan basah meskipun harga BIL-nya sama.

b.Untuk peralatan yang terletak di luar daerah perlindungan arrester, misalnya trafo tegangan yang dihubungkan pada sisi saluran dari pemisah (disconnect switch) dari saluran transmisi dan kapasitas pengait (coupling capacitor) untuk telekomunikasi, harus mempunyai tingkat isolasi 120% BIL. Alat-alat ini dinaikkan tingkatan isolasinya sesuai dengan isolasi saluran, karena peralatan ini tidak diamankan oleh arrester dan tetap tersambung pada saluran pada waktu pemisahnya terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar