Minggu, 17 April 2011

Proses Terjadinya Tornado


Proses Terjadinya Tornado

 

BAGAIMANAKAH TERJADINYA TORNADO ?

Tornado adalah badai yang paling merusak. Tekanan udara di dalam cerobongnya begitu rendah sehingga rumah yang dilaluinya pernah ada yang meledak karena tekanan udara yang mendesak ke luar dari dalam rumah. Anginnya begitu kuat sehingga pernah menancapkan jerami pada batang kayu. Badai ini pula dapat mengangkat barang - barang berat dan menjatuhkannnya di tempat - tempat yang dilaluinya. Tornado seiring dengan kedatangannya merusak dan menciptakan bencana bagi manusia.
Jika udara dingin melanda di atas lapisan udara panas, bukannya di bawahnya, maka terjadilah ketidakseimbangan. Udara panas naik dengan kecepatan sampai 320 km/jam. Udara yang mengalir masuk dari sisi menyebabkan arus naik tadi berputar, sehingga terjadilah tornado. Tornado adalah cerobong angin dengan pusaran berkecepatan sampai 400 km/jam. Lebar cerobongnya berkisar antara 15 sampai 365 m.
Badai ini berlangsungnya beberapa menit saja, tetapi menimbulkan kerusakan yang hebat. Contoh daerah yang sering dilanda adalah wilayah barat tengah Amerika Serikat.

Sumber: http://finli.blogspot.com/2007/12/bagaimanakah-terjadinya-tornado.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar